BAB 6
PEMASARAN
1. PENGERTIAN PEMASARAN
DAN UNSUR-UNSUR POKOKNYA
Pemasaran adalah
kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit maupun nonprofit) guna
memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur-unsur pokok dalam pemasaran antara
lain, sebagai berikut :
- Pemasar: organisasi perusahaan atau
perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun
pribadinya. Pemasar dapat merupakan produsen yang umumnya berorientasi
terhadap keuntungan dan organisasi yang belum tentu berorientasi pada
keuntungan.
- Barang dan jasa: sesuatu yang ditawarkan
oleh produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan.
- Pemerintah yang berorientasi pada
kesejahteraan umum.
- Pasar: konsumen pribadi atau
organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud
sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
- Proses pertukaran: kegiatan dua pihak yang
masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk
pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.
2. LINGKUP PENGERTIAN
PEMASARAN
Lingkup pengertian pemasaran antara lain
adalah sebagai berikut:
- Pemasaran Mikro-Eksternal: Pemasaran yang meliputi
lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal.
- Pemasaran Mikro-Internal: kegiatan pemasaran yang
berorientasi pada internal perusahaan.
- Pemasaran Makro-Eksternal: pemasaran
perusahaan-perusahaan dalam skala makro dengan kapasitasnya sebagai satuan
produsen dalam lingkup makro
3. FUNGSI PEMASARAN
UNIVERSAL
Fungsi-fungsi pemasaran
meliputi :
- Penanggungan resiko
- Pendanaan
- Pengendalian informasi
pemasaran Pembelian
- Penjualan
- Pengiriman
- Penyimpanan
- Standarisasi dan klasifikasi
- Pembungkusan
4. PERKEMBANGAN KONSEP
PEMASARAN
- Konsep produksi: anggapan
pemasar berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen
hanya akan membeli produk-produk yang murah
- Konsep produk: anggapan
pemasar bahwa konsumen lebuh menghendaki produk-produk yang berkualitas
atau berpenampilan baik.
- Konsep penjualan: anggapan
pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa
konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga
tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
- Konsep pemasaran: anggapan
pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen
hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan
dan memberikan kepuasan.
- Konsep pemasaran yang
memasyarakat (sosial): anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia
membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan
lingkungan sosial konsumen
- Konsep pasar: anggapan
pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan
( pesaing pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang
bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar